KOMPETISI MENULIS CERPEN INDONESIANA X NULISBUKU 2019

Halo Sahabat,
Bulan ini nulisbuku.com mengadakan kompetisi menulis cerpen (fiksi) bersama Platform kebudayaan Indonesiana (http://platformindonesiana.id/). Indonesiana adalah platform pendukung kegiatan seni budaya di Indonesia yang bertujuan untuk membantu tata kelola kegiatan seni budaya yang berkelanjutan, berjejaring, dan berkembang. Indonesiana diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Indonesiana dikerjakan dengan semangat gotong royong dan dengan melibatkan semua pihak yang memiliki kepedulian dan kepentingan atas pemajuan kebudayaan di Indonesia.
Genre ceritanya bebas, kamu boleh menuliskan kisah drama romantis, petualangan, inspiratif, atau lainnya. Namun ceritamu tersebut harus menggunakan latar belakang cerita dari 18 kota/daerah yang telah ditentukan, atau budaya yang berkaitan dengan festival di kota pilihan tersebut. Kota-kota tersebut meliputi: Wonosobo-Temanggung, OKU Selatan, Ngada, Jawa Timur, Sumatera Barat, Jakarta, Ponorogo, Gayo Luwes, Lebak, Flores Timur (Larantuka), Belu, Blora, DI Yogyakarta, Tomohon, Tanjung Pinang, Ambon, Halmahera Barat (Jailolo), Mojokerto.
Tetarik, kan? Buruan simak info detailnya di bawah ini; Jangan lupa kirim karyamu yang paling keren dan jangan sampai telat kirim karena deadline-nya pada hari Sabtu, 30 November 2019 pukul 23.59 WIB

Syarat Peserta

Dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia, tanpa batasan jenis kelamin, tanpa batasan agama, dan tanpa batasan lokasi tempat tinggal. Setiap peserta dapat mengirimkan 1 (satu) karya tulisan terbaiknya.

Syarat Cerpen

Cerpenditulis dalam bahasa Indonesia minimal 4 halaman, atau maksimal 8 halaman A4, diketik rapi dalam file Microsoft Word spasi: 1.5, dengan font: Times New Roman, ukuran font: 11pt, dengan margin sesuai standar Microsoft Word saja, tidak perlu diubah.
Karya dikirimkan melalui email ke send@nulisbuku.com (WAJIB), dan Kemudian terbitkan cerpenmu tersebut di Storial.co (Caranya baca di sini: http://bit.ly/2BjJXGe)
Karya tersebut belum pernah diterbitkan dalam media nasional mana pun dan merupakan karya asli penulis. Dengan mengikuti lomba ini, berarti penulis menyatakan bahwa karya tersebut adalah murni karya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.
Judul dan genre tulisan bebas, namun ceritamu tersebut harus menggunakan latar belakang cerita dari 18 kota atau daerah tujuan festival pendukungan Indonesiana 2019 yang telah ditentukan (Baca: http://.platformindonesiana.id/). Kamu boleh pilih salah satu dari daerah-daerah tersebut yang bisa kamu gunakan sebagai latar belakang cerita.
Kota-kota tersebut meliputi: Wonosobo-Temanggung, OKU Selatan, Ngada, Jawa TImur, Sumatera Barat, Jakarta, Ponorogo, Gayo Luwes, Lebak, Flores Timur, Belu, Blora, DI Yogyakarta, Tomohon, Tanjung Pinang, Ambon, Halmahera Barat (Jailolo), Mojokerto.

Cara Berpartisipasi

Menulis cerita pendek fiksi sesuai ketentuan kompetisi #NulisIndonesiana2019 yang sudah diketik rapi dalam file Microsoft Word.
a. Kirimkan cerpen tersebut beserta data diri: Nama, Alamat, No. handphone, No. KTP (Atau kartu pelajar), Twitter account (Jika ada), Alamat facebook (Jika ada), ke alamat email: send@nulisbuku.com (berupa file lampiran-attach files, BUKAN di body email) dengan format subject email dan nama file sebagai berikut: [NulisIndonesiana2019]–[Judul tulisan]–[Nama Penulis]. Contoh: NulisIndonesiana2019–Perjalanan Seru di Halmahera Barat–Bagus Bagaskoro.
Setiap penulis  dimohon membuat paragraf singkat maksimal 5 (lima) kalimat untuk memperkenalkan diri untuk profil penulis di dalam buku NulisIndonesiana2019. Profil singkat ini ditulis di badan email.
b. Posting/submit cerpenmu di www.storial.co (Cara submit tulisan di storial: http://bit.ly/2BjJXGe)
c. Wajib Follow & mention akun Twitter /Facebook/Instagram @nulisbuku @storialco dan @platform_id (Twitter)/@platformindonesiana.id (Instagram)/PlatformIndonesiana(FB), kemudian silakan twit sinopsis tentang karya cerpenmu minimal sebanyak 5 (tiga) kali twit. Twit dan post ini berguna untuk mempromosikan karyamu yang telah dikirim tersebut. Jangan lupa tambahkan hashtag #NulisIndonesiana2019 #Indonesiana2019 #platformindonesiana pada setiap twit dan post Facebook, dan Instagram-mu!
d. Untuk mengikuti kompetisi ini tidak dipungut biaya, GRATIS!

Periode Kompetisi

Deadline kompetisi pada hari Sabtu, 30 November 2019 pukul 23.59 WIB.
Pemilihan Pemenang
Pemenang terdiri dari 3 pemenang utama dan 22 finalis. Seluruh tulisan yang masuk akan dinilai berdasarkan faktor-faktor sebagai berikut:
– Kesesuaian isi tulisan dengan tema.
– Originalitas.
– Teknik penulisan yang menarik dibaca.
– Sesuai dengan syarat lomba.
– Pemenang akan dipilih oleh juri yaitu tim Nulisbuku.com. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
Pengumuman Pemenang
3 orang pemenang utama dan 22 finalis terpilih akan diumumkan pada 13 Desember 2019 di web dan sosial media nulisbuku.com.
Hadiah Pemenang
– Uang tunai sebesar 7.000.000 Rupiah, 1 eksemplar buku, dan sertifikat untuk juara pertama.
– Uang tunai sebesar 3.000.000 Rupiah, 1 eksemplar buku, dan sertifikat untuk juara kedua.
– Uang tunai sebesar 1.000.000 Rupiah, 1 eksemplar buku, dan sertifikat untuk juara ketiga.
– Uang tunai sebesar masing-masing 300.000 Rupiah, 1 eksemplar buku, dan sertifikat untuk 22 cerita pilihan.
Atas publikasi buku ini, para pemenang dan finalis tidak menerima kompensasi berupa royalti lagi.
Lain-Lain
Seluruh karya akan melalui proses editing dan desain tata letak oleh Nulisbuku.com sebelum karya dipublikasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard