Drama 3 Babak Dalam Sebuah Cerita Dan Novel

 
 Drama 3 Babak Dalam Sebuah Cerita Dan Novel 

 
 
 
Buat booster teman2 yang sedang menulis cerita, novel, baik sendiri ataupun yang sekarang lagi bikin proyek nulis novel bareng ya...

pada dasarnya sebuah cerita terdiri atas 3 babak.
babak 1, merupakan pengenalan, baik karakter, tema, setting maupun pengenalan konflik cerita.

babak 2A, di mana konflik meningkat. seringkali keputusan salah/keliru karakter dalam menanggapi atau merespon masalahnya di awal, membuatnya malah tambah kerepotan, konflik malah bertambah dan meningkat. selain dari hambatan internal, sering juga hambatan itu dari eksternal, misalnya dari karakter antagonis dalam cerita ini, lingkungan, sistem dst.

babak 2B, di mana konflik makin meningkat, sampai klimaks. Saat konflik memuncak. Seringkali kekuatan karakter malah menjadi unsur kelemahannya dalam tahap/etape ini. Misal dia yang sombong, merasa bisa menangani segalanya sendiri, di etape ini dia seakan diwelehke. Kekuatannya menjadi tidak berarti. Kesombongannya dibenturkan, dan dari sinilah kemudian karakter akan mengalami transformasi.

babak 3, penurunan.
pelan-pelan konflik mengalami penyelesaian, karakter mengalami perubahan dst.

semoga catatan ini membantu ya.
yuk praktikkan dalam cerita yang sedang kamu tulis.
buat yang sedang ikut proyek nulis novel bareng, ayo setorkan drama 3 babak versimu disesuaikan dengan tema dan cerita yang kemarin kita telah bahas bareng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard